Posted by : Unknown Senin, 30 Maret 2015

AIR TERJUN MANGGISAN



            Mungkin banyak orang yg bertanya mengapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Manggis? Menurut warga setempat, konon dulu di sekitar air terjun, banyak ditumbuhi pohon Manggis. Dan sekarang pohon manggis tersebut tidak ada lagi disitu, dikarenakan tumbang terkena aliran air yg sangat besar ketika hujan lebat turun.
            Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 55 m dengan debit ir 198 liter/detik. Air terjun ini terletak di Desa Kandangan – Senduro – Lumajang. Tepatnya pada koordinat 8012’51”S 112056’44”E.

AKSES MENUJU KE AIR TERJUN MANGGISAN
            Berjarak 22 km dari Pusat Kota Lumajang. Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat Kota Lumajang. Lalu dilanjukan dengan berjalan kaki selama ± 1,5 jam menuju lokasi.
            Bagi yg dari luar kota, bisa berhenti di Terminal Minak Koncar, terus tanya kepada masyarakat sekitar arah menuju Senduro. Nanti disana anda akan menemui Pura terbesar di Jawa yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung. Dari Pura MGSA lurus ke utara, sampai ada pertigaan ambil arah kanan. Ikuti jalan sampai ada Pos Amal Jariyah, disitu anda bisa tanya lokasi air terjun.
            Disana sudah ada tempat parkir yg disediakan oleh warga sekitar, dengan tarif Rp 5.000/motor. Hasil dari tarif parkir tersebut tidak digunakan untuk warga sendiri, melaikan untuk membangun/mempermudah jalan menuju air terjun. Dari tempat parkir ke air terjun bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh ± 2 km dengan jalur yg dikelilingi pohon karet, kopi & udara yg sangat sejuk dengan alam yg masih sangat asri. Anda akan melewati 2 bukit dan 1 sungai kecil yg sangat jernih.
akses menuju lokasi


            Saat anda sudah sampai di lokasi air terjun, rasa capek saat perjalanan akan terbayar sudah dengan melihat betapa indahnya air terjun dengan ketinggian 55 m ini. Kalau ingin merasakan segarnya air terjun manggis ini anda bisa mandi disana dengan aman. Di dekat Air Terjun Manggis juga terdapat air terjun yang mempunyai ketiggian ± 20 m dan merupakan sumber air yang jernih.
Air Terjun Manggis ini masih sangat alami, karena belum banyak orang yang tau tentang keberadaan air terjun ini. Air terjun ini juga masih dikelolah oleh warga setempat.

( Ditulis oleh : Fian Arekz Nglayap )

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © wisata lumajang - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -